Beberapa mobil dengan tingkat Coefficient of Drag rendah

Volkswagen XL1
MimiPesek - Mobil yang paling aerodinamik di dunia adalah mobil yang telah menggunakan teknik canggih guna melewati hambatan angin dan mendapatkan kecepatan yang tinggi. Kenapa? karena hambatan angin dapat mengurangi kecepatan dan juga menambah konsumsi bahan bakar.

Berbagai cara digunakan untuk mengukur aerodinamika sebuah kendaraan, salah satu nya adalah dengan menghitung Coefficient of Drag (cd)

cd adalah sebuah ukuran yang berfungsi menghitung volume udara yang melewati bagian depan mobil. Semakin rendah hambatan, semakin aerodinamiklah mobil tersebut.
Ukuran rata-rata cd untuk mobil produksi berkisar antara 0,30 dan 0,35. Tetapi yang mengejutkan adalah mobil-mobil tercepat justru mempunyai nilai hambatan yang tinggi. Dengan menggunakan spoiler dan ventilasi guna menciptakan tekanan angin yang "melekat" mobil dengan kuat diatas permukaan tanah seiring dengan bertambahnya kecepatan.

Karena itu, sebagian mobil paling aerodinamis didunia rata-rata dipegang mobil berjenis sedan, bukan sportcars atau supercars.

Berikut ini beberapa mobil dengan tingkat CD yang rendah, seperti ;
BMW i8

10. BMW i8
Mobil yang terlihat sangat futuristik ini memilikifigur cd yang yang rendah(0.26). Dengan bahan terbuat dari bahan karbon fiber serta menggunakan mesin 3 silinder berkapasitas 1,5L  Mobil dari BMW ini dapat berakselerasi dari 0-100kpj hanya dengan waktu 3,8 detik ! wow...!!

9. Jaguar XE
Jaguar XE merupakan mobil yang paling efisien, paling maju yang pernah diproduksi oleh Jaguar. Dengan bodi dan sasis yang berbahan alumunium. 
Pada Jaguar XE ini, pihak Jaguar sangat memperhatikan aerodinamikanya yang kemudian terbukti dengan figure cd yang rendah yaitu 0,26

8. Mazda 3
Sedan kecil dari mazda ini memiliki desain yang menarik. Aerodinamikanya pun lebih baik dari mobil sekelas ferrari. Memiliki figur cd sebesar 0,26 ternyata membuat mobil ini sedikit mengkonsumsi bbm. 7,13L/100km

7. Mercedes-Benz B-Class Electric Drive
Varian Electric Drive memiliki pesaing seperti BMW i3 dan Nissan Leaf. Mobil MPV kompak dari Mercedes ini memiliki figur cd sebesar 0,26 yang ternyata lebih aerodinamika dibanding dengan BMWi3(0,29) dan NIssan (0,28). Figur cd yang rendah juga membantu dalam mencapai jarak tempuh sepanjang 140km dalam satu pengisian ulang baterai.

6. Nissan GT-R
merupakan salah satu mobil andalan dari Nissan, kendaraan jenis sportcars ini menggunakan mesin twin turbo V6 dengan output sebesar 545dk. Figur cd yang rendah(0,26) menambah kecepatan mobil sportscars tersebut. 0-100kpj hanya ditempuh dalam waktu kurang dari 3 detik
Mercedes-Bens s600

5. Toyota Prius
Mobil dari Jepang yang menggunakan teknologi hybrid ini memiliki bentuk yang ikonik. Memiliki figur cd 0,25 membuat Prius mengalahkan kendaraan-kendaraan lain dalam soal jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar. Prius dapat mencapai angka 21,23 km/l atau 4,7L/100km

4. Mercedes-Benz S-Class (W222)
Salah satu tipe mobil mewah dari Mercedes ini terbukti sangat memuaskan. Memiliki figur cd 0,24 menghasilkan mobil yang sangat sunyi dan senyap. Hal ini dibuktikan pada model Mercedes-Maybach S600

3. Mercedes-Benz C-Class (W205)
Mercedes sepertinya sangat memperhatikan tingkat aerodinamika nya. Hal ini juga juga terlihat dari tipe c-class pada Mercedes. Memiliki figur cd 0,24 membuat mobil ini mendapatkan performa yang mengesankan.

2. Tesla Model S
Tesla Model S
Sedan keluaran Tesla merupakan sebuah produk yang berhasil mengubah persepsi masyarakat pada umumnya terhadap kendaraan elektrik. Figur cd yang sebesar 0,24 dan fitur keselamatan yang sudah terbukti, serta akselerasinya yang mampu menyaingi banyak sportcars, bahkan kelas supercars

1. Volkswagen XL 1
Besutan pabrik Jerman yang sedang terkena kendala ini merupakan mobil yang paling aerodinamik. 0,189 pun didapat oleh Volkswagen tipe ini. dengan konsumsi bahan bakar 133km/L atau 0,75l/100km.
Banyak gril atau part yang dikorbankan untuk mendapatkan aerodinamika. Seperti spion samping yang digantikan menjadi dua buah kameradengan layar di panel pintu dan roda belakang dibuat tertutup untuk mengurangi gesekan angin. 
Serat karbon yang canggih dan mesin hybrid dua silinder berhasil menghasilkan berta mobil di bawah 1 ton.

2 Responses to "Beberapa mobil dengan tingkat Coefficient of Drag rendah"