Tips Pengereman Saat Musim Hujan

Sukabumi - Hujan sudah memasuki musimnya, Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat ada baiknya selalu waspada saat berkendara, terlebih di saat musim hujan.

Mengemudikan kendaraan saat jalanan basah, tentu lebih sulit daripada mengemudi saat jalanan kering, dibutuhkan jarak yang agak lebih jauh dengan kendaraan di depannya. Agar saat pengereman menjadi lebih maksimal.


Hindari pola mengemudikan kendaraan saat husim kemarau, atau saat kering. Karena disaat jalanan basah, kendaraan masih bisa melaju beberapa meter walaupun pengemudi sudah melakukan pengereman. Hal ini disebabkan karena traksi yang berkurang.

Biasanya, jalanan yang basah kendaraan akan lebih sulit dikemudikan. Bagi pengguna mobil manual atau matik, diusahakan jangan menembus RPM lebih dari 5.000, kurangi 20% atau 30% dari mengemudi mobil pada biasanya. Disaat RPM tinggi, mobil makin sulit dikendarai.

Sedangkan untuk motor, saat pengereman jangan langsung menggunakan rem depan, hali ini dapat menjadi slip dan membuat motor menjadi oleng. Usahakan lakukan pengereman 30% rem belakang, 70% rem depan. 

Sesuaikan antara kecepatan dan jarak di depannya, jangan terlalu lambat dan jangan juga terlalu cepat. Sesuaikan juga dengan keadaan jalanan. Karena sekali selip kendaraan anda, itu akan membahayakan diri sendiri dan pengendara lain di sekitar anda, selalu waspada dan berdoa.

0 Response to "Tips Pengereman Saat Musim Hujan"

Post a Comment